RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(NO. 2.1)
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : XI / 1
Pertemuan ke : 1, 2
Alokasi waktu Waktu : 6 x 45 menit
Standar Kompetensi : Berkomunikasi dengan Bahasa Indonesia setera tingkat Madya
Kompetensi Dasar : 2.1 Menyimak untuk menyimpulkan informsi yang tidak bersifat perintah dalam
konteks bekerja
Indikator:
1. Mengubah informasi dari bentuk lisan ke dalam bentuk nonverbal
(bagan/tabel/diagram/ grafik/ denah/ matriks)
2. Menyimpulkan informasi bentuk nonverbal yang tidak
bersifat perintah secara deduktif/induktif
3. Menyampaikan simpulan bentuk nonverbal dengan menggunakan
bahasa Indonesia yang baik dan benar
I.
Tujuan
Pembelajaran :
1. Peserta didik dapat mengubah informasi dari bentuk lisan
ke dalam bentuknon-verbal (bagan/tabel/diagram/
grafik/ denah/matriks)
2. Peserta didik dapat menyimpulkan informasi bentuk
nonverbal yang tidak bersifat perintah secara deduktif/induktif
3. Peserta didik dapat menggunakan bahasa Indonesia yang
baik dan benar dalam menyampaikan simpulan dari bagan yang sudah dibuat.
II. Materi Ajar
· Teknik membuat catatan verbal, dan non-verbal sebagai
dasar untuk membuat simpulan (lisan/tertulis)
· Teknik menyimpulkan secara induktif dan deduktif
1. Deduktif :
a. Silogisme
b. Akibat →sebab-sebab
c. Sebab → akibat-akibat
2. Induktif :
a.
Generalisasi
b.
Sebab-sebab
→akibat
c.
Akibat-akibat
→sebab
d.
Sebab-akibat
berantai
e.
Analogi
· Teknik menyampaikan simpulan lisan maupun tulisan dalam
bahasa Indonesia yang baik dan benar, termasuk di dalamnya kesadaran berbahasa/sikap
berbahasa yang positif.
Nilai-nilai PBKB, kewirausahaan yang
diharapkan
1. Jujur
2. Disiplin
3. Rasa Ingin Tahu
4. Kerja Sama
5. Tanggung Jawab
6. Komunikasi/ Bersahabat
7. Kreatif
8. Kerja Keras
9. Cinta Tanah Air
10. Menghargai Prestasi
11. Peduli Sosial
III.
Metode Pembelajaran
· Audiolingual
· Penugasan
· Diskusi
IV. Kegiatan Pembelajaran:
Pertemuan ke
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Alokasi waktu
|
Pertemuan
Kesatu
|
Kegiatan
Awal
1. Guru mengabsen Peserta didik dan menjelaskan tujuan pembelajaran.
Kegiatan
Inti
1. Peserta didik membentuk kelompok (satu kelompok 4 orang) sehingga Peserta didik mampu bekerja sama dan berkomunikasi dengan baik. (elaborasi)
2. Peserta didik mendengarkan rekaman mengenai kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia sehingga muncul rasa cinta tanah air dan rasa ingin tahu. (eksplorasi)
3. Peserta didik mengubah
informasi yang disimak ke dalam bentuk informasi nonverbal (bagan/skema) sehingga terbentuk
sikap kreatif, mandiri. dan komunikatif. (eksplorasi)
4. Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil simakan dan bentuk nonverbalnya di depan kelas , kelompok yang lain menanggapi sehingga
terbentuk nilai komunikatif, mandiri, demokratis, kritis, berani,
toleransi, dan mengargai prestasi. (konfirmasi)
Kegiatan Akhir
1.
Setiap kelompok
menyimpulkan hasil diskusi sehingga muncul sikap
peduli sosial, kerja keras, mandiri, berani, peduli sosial dan cinta tamah
air. (Konfirmasi)
2.
Peserta didik
menyelesaikan latihan/ tugas.
|
10 menit
70 menit
10 menit
45 menit
|
Pertemuan ke
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
Alokasi waktu
|
Pertemuan
Kedua
|
Kegiatan
Awal
1.
Peserta
didik menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru tentang
informasi yang disajikan dalam bentuk nonverbal (materi sebelumnya) sehingga muncul sikap berani, kritis, terbuka, dan demokratis.
Kegiatan
Inti
1. Peserta didik menyimak informasi
nonverbal berupaTabel Program Kerja
OSIS sehingga memunculkan rasa ingin tahu, kritis, dan
disiplin. (elaborasi)
2. Peserta didik mengubah informasi bentuk nonverbal secara deduktif/
induktif sehingga terbentuk nilai kreatif dan kerja keras. (eksplorasi)
3. Peserta didik menyampaikan
hasil simpulannya di depan kelas secara bergantian menggunakan
bahasa Indonesia yang baik dan benar sehingga muncul nilai berani,
jujur, kritis, komunikatif, dan cinta tanah air. (konfirmasi).
Kegiatan Akhir
1. Peserta didik bersama-sama
menyimpulkan hasil belajar kemudian mengikuti evaluasi. (konfirmasi)
|
10 menit
70 menit
55 menit
|
V. Alat, bahan, sumber belajar
·
Alat :
Tape, rekaman atau kaset
·
Sumber : Modul bahasa Indonesia tingkat Madya
Buku argumentasi dan narasi
oleh Gorys Keraf.
Belajar mengungkapkan pendapat
oleh Jos Daniel Parera
VI. Penilaian
A. Simak rekaman B.1.1.A tentang
“Kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia”. Setelah selesai ubahlah hasil simakan
tadi ke dalam bentuk bagan!
B. Simak rekaman B.1.1.E dan tentukan pola berpikir deduktif,/induktif
Kunci Jawaban
A.
Rekaman B.1.1.E
1.
deduktif 6. induktif
2.
deduktif 7. induktif
3.
deduktif 8. induktif
4.
deduktif 9. induktif
5.
deduktif
10.campuran
Pedoman Penilaian
A. Jumlah jawaban betul X 100 = Nilai
Jumlah soal
Mengetahui,
Kepala Sekolah
Kurniawan Hery S, S.Pd.
|
Purbalingga, Juli 2011
Pengajar
Tuntejaningrum, S.Pd
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar